Investasi Persiapan Pensiun: Adakah Potensi Kripto bagi Generasi Muda?

Dunia investasi semakin berkembang pesat, khususnya di kalangan generasi milenial dan generasi Z di Indonesia. Mereka yang berusia antara 18 hingga 35 tahun kini semakin gencar mengeksplorasi peluang investasi baru, termasuk di antaranya adalah aset kripto. Namun, seberapa tepatkah kripto sebagai bagian dari investasi persiapan pensiun?

CEO Indodax, Oscar Darmawan salah satu platform perdagangan kripto terkemuka di Indonesia, berpendapat bahwa aset kripto bisa menjadi bagian dari investasi jangka panjang yang menguntungkan. Menurut Oscar, kripto memang menawarkan potensi pertumbuhan yang luar biasa, tetapi di sisi lain, volatilitasnya yang tinggi juga menjadi tantangan utama.

“Pasar kripto sangat fluktuatif, yang bisa menyebabkan perubahan signifikan pada nilai investasi dalam waktu singkat,” ujar Oscar soal investasi persiapan pensiun dalam wawancara akhir pekan lalu.

“Karena itu, diversifikasi portofolio menjadi kunci. Jangan letakkan seluruh dana Anda di aset kripto saja.”

Oscar juga menyoroti pentingnya memahami dampak kebijakan regulasi di berbagai negara terhadap kripto. “Perubahan regulasi bisa mempengaruhi nilai dan likuiditas aset kripto secara signifikan,” tambahnya. Oleh karena itu, investor disarankan untuk terus mengikuti perkembangan kebijakan terkait kripto di pasar global.

Bagi mereka yang baru terjun ke dunia kripto, Oscar merekomendasikan untuk memulai dengan investasi yang lebih sederhana dan belajar menganalisis pergerakan harga melalui metode seperti analisis teknikal dan fundamental.

“Metode dollar-cost averaging (DCA), di mana investor menempatkan jumlah investasi yang sama secara berkala, bisa menjadi strategi awal yang baik,” jelas Oscar soal investasi persiapan pensiun.

“Mulailah dengan jumlah modal yang siap Anda tanggung kerugiannya, misalnya antara Rp 1 juta hingga Rp 5 juta untuk pemula,” sarannya. Dengan cara ini, investor dapat mengelola risiko dengan lebih baik sambil tetap memiliki peluang untuk meraih keuntungan jangka panjang.

Selain itu, penting bagi calon investor untuk melakukan riset mendalam tentang kripto dan teknologi blockchain yang mendasarinya. Memahami dasar-dasar investasi kripto akan membantu investor membuat keputusan yang lebih baik dan mengurangi risiko kerugian.

Sebagai kesimpulan, sementara kripto menawarkan peluang besar, penting bagi generasi muda untuk mempertimbangkan volatilitas dan risiko yang ada. Investasi persiapan pensiun sebaiknya didukung dengan strategi diversifikasi yang matang dan pemahaman yang kuat tentang aset yang dimiliki. Dengan demikian, kripto dapat menjadi salah satu elemen dari portofolio investasi yang lebih luas dan beragam.

Demikian informasi seputar investasi persiapan pensiun. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Scopecorner.Com.

Berita Terkini

Investasi di Sulawesi Selatan: Ini Data Terbaru dan Implikasinya pada Pengangguran

Realisasi investasi di Sulawesi Selatan (Sulsel) pada triwulan pertama 2024 mengalami penurunan signifikan, yang berpotensi mempengaruhi tingkat pengangguran di wilayah tersebut. Pakar Ekonomi Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof. Hamid Padu menyatakan bahwa investasi sangat berperan dalam penyerapan lapangan kerja. Data terbaru menunjukkan bahwa realisasi investasi di Sulawesi Selatan pada triwulan pertama 2024 sebesar Rp2,507 triliun, menurun […]

Read More
Berita Terkini

Investasi Anhui Guangxin Di Kalimantan Timur: Langkah Strategis Pj Gubernur Akmal Malik

Pj Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik secara virtual menghadiri rapat melalui zoom meeting dengan PT Anhui Guangxin Agrichemical dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Shanghai pada Senin (1/07/24). Pertemuan ini merupakan lanjutan dari kunjungan Akmal Malik ke Anhui beberapa waktu lalu, bertujuan untuk menggarisbawahi kerja sama Sister-Province investasi di Kalimantan Timur antara Provinsi Kaltim dan […]

Read More
Berita Terkini

Potensi Investasi di Batam: Kawasan FTZ dan KEK Jadi Andalan

Pemerintah terus berupaya mengembangkan potensi investasi di Batam dengan menciptakan dua kawasan berfasilitas, yaitu Free Trade Zone (FTZ) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Langkah ini diharapkan mampu menjadi katalis utama dalam meningkatkan volume investasi di wilayah strategis ini. Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea Cukai, Nirwala Dwi Heryanto dalam dialog dengan media di Batam, […]

Read More