Batik Kujur Muara Enim Tampil di New York Indonesia Fashion Week

Batik Kujur khas Muara Enim, Sumatera Selatan menjadi pusat perhatian dunia ketika ia tampil dalam ajang New York Indonesia Fashion Week pada 11 Februari 2023 yang diselenggarakan di Pier 36 Cruise Ship 299, South Street, New York, Amerika Serikat. Acara yang digelar di pusat mode dunia ini menampilkan 6 koleksi Batik Kujur dengan warna-warna cerah dan motif-motif yang khas, seperti kujur, kopi, rumah tengkiang, dan bunga tanjung.

Kujur merupakan senjata tradisional berupa tombak yang terbungkus bambu yang berasal dari Puyang Pelawe, pendiri Tanjung Enim pada abad ke-14. Motif-motif Batik Kujur ini memiliki filosofi tersendiri dan menjadi ciri khas dari batik khas Muara Enim.

Partisipasi Batik Kujur di New York Indonesia Fashion Week 2023 adalah hasil dari kerja sama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dengan desainer asal Tanjung Enim, Eva Yasul. Kain Batik Kujur yang digunakan untuk koleksi rancangan Eva Yasul adalah karya para pengrajin binaan PTBA, yang memenangkan Lomba Membuat Karya Batik Khas Tanjung Enim pada akhir 2022 lalu. Tema yang diangkat Eva dalam ajang tersebut adalah The Vibrant of Batik Kujur Puyang Pelawe.

Dukungan PT Bukit Asam dalam mengembangkan Batik Kujur juga terlihat melalui pembentukan Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) Batik Kujur. Saat ini, terdapat 12 kelompok SIBA Batik Kujur dengan total anggota 35 pengrajin. Para pengrajin yang diberdayakan dalam kelompok SIBA Batik Kujur adalah ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Tanjung Enim, khususnya Dusun Tanjung.

PTBA juga memfasilitasi SIBA Batik dengan menyediakan Gerai Batik Kujur di area SIBA Center. Perusahaan juga telah berinvestasi sosial melalui penyediaan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk kegiatan membatik dan pembangunan infrastruktur berupa rumah produksi Batik Kujur yang terletak di Dusun Tanjung. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pengrajin batik agar mampu menghasilkan produk yang lebih baik sehingga batik yang dihasilkan dapat dikenal oleh masyarakat luas serta meningkatkan kesejahteraan pengrajin batik dan masyarakat daerah binaan secara umum.

Kegiatan yang dilakukan PT Bukit Asam ini adalah bagian dari upaya untuk melestarikan kearifan lokal Sumatera Selatan dan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui program pengembangan dan pemberdayaan. Tampilnya Batik Kujur di New York Indonesia Fashion Week 2023 menjadi momentum yang penting dalam memperkenalkan batik khas Muara Enim ke kancah internasional dan melestarikan kearifan lokal sebagai bagian dari budaya Indonesia yang kaya dan beragam.

Berita Terkini

Investasi di Sulawesi Selatan: Ini Data Terbaru dan Implikasinya pada Pengangguran

Realisasi investasi di Sulawesi Selatan (Sulsel) pada triwulan pertama 2024 mengalami penurunan signifikan, yang berpotensi mempengaruhi tingkat pengangguran di wilayah tersebut. Pakar Ekonomi Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof. Hamid Padu menyatakan bahwa investasi sangat berperan dalam penyerapan lapangan kerja. Data terbaru menunjukkan bahwa realisasi investasi di Sulawesi Selatan pada triwulan pertama 2024 sebesar Rp2,507 triliun, menurun […]

Read More
Berita Terkini

Investasi Persiapan Pensiun: Adakah Potensi Kripto bagi Generasi Muda?

Dunia investasi semakin berkembang pesat, khususnya di kalangan generasi milenial dan generasi Z di Indonesia. Mereka yang berusia antara 18 hingga 35 tahun kini semakin gencar mengeksplorasi peluang investasi baru, termasuk di antaranya adalah aset kripto. Namun, seberapa tepatkah kripto sebagai bagian dari investasi persiapan pensiun? CEO Indodax, Oscar Darmawan salah satu platform perdagangan kripto […]

Read More
Berita Terkini

Investasi Anhui Guangxin Di Kalimantan Timur: Langkah Strategis Pj Gubernur Akmal Malik

Pj Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik secara virtual menghadiri rapat melalui zoom meeting dengan PT Anhui Guangxin Agrichemical dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Shanghai pada Senin (1/07/24). Pertemuan ini merupakan lanjutan dari kunjungan Akmal Malik ke Anhui beberapa waktu lalu, bertujuan untuk menggarisbawahi kerja sama Sister-Province investasi di Kalimantan Timur antara Provinsi Kaltim dan […]

Read More