Presiden Brasil: Dorong Transisi Energi Melalui Keanggotaan OPEC+

Brasil tengah berfokus pada transisi energi dengan segera menjadi anggota kelompok OPEC+, bergabung dengan negara-negara penghasil minyak global dan sekutunya, termasuk Rusia, pada bulan Januari 2024. Keputusan ini diumumkan secara resmi oleh OPEC, dengan tujuan utama untuk mendorong transisi dari energi fosil. Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva menyampaikan niat negaranya untuk memimpin negara-negara penghasil minyak dalam mempercepat transisi energi.

Lula menjelaskan niatnya dalam Konferensi Iklim PBB COP28 di Dubai, menyatakan bahwa bergabung dengan OPEC+ adalah langkah penting untuk meyakinkan negara-negara penghasil minyak menghadapi berakhirnya era bahan bakar fosil. Dia menekankan pentingnya menggunakan pendapatan minyak untuk berinvestasi dalam produksi bahan bakar terbarukan, terutama hidrogen ramah lingkungan.

Brasil Fokus Transisi Energi, Kenapa?

Menteri Pertambangan dan Energi Brasil, Alexandre Silveira de Oliveira memaparkan Brasil akan menerima undangan untuk bergabung dengan OPEC+ pada pertemuan tingkat menteri ke-36 yang digelar secara virtual. Brasil, sebagai produsen minyak terbesar di Amerika Selatan dan salah satu produsen terbesar di dunia, memiliki peran signifikan dalam pasar minyak global.

Meskipun banyak analis memproyeksikan peningkatan pengaruh OPEC+ di pasar dengan bergabungnya Brasil, sebagian lain menyatakan kekhawatiran. Brasil menerapkan sistem ekonomi pasar, dan beberapa perusahaan minyak, termasuk Petrobras, adalah perusahaan publik. Ini memicu keraguan bahwa Brasil mungkin tidak dapat sepenuhnya mengikuti kebijakan OPEC+ terkait pengurangan produksi minyak.

Demikian informasi seputar transisi energi dari pengaruh OPEC+. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Scopecorner.com.

Berita Terkini

Investasi di Sulawesi Selatan: Ini Data Terbaru dan Implikasinya pada Pengangguran

Realisasi investasi di Sulawesi Selatan (Sulsel) pada triwulan pertama 2024 mengalami penurunan signifikan, yang berpotensi mempengaruhi tingkat pengangguran di wilayah tersebut. Pakar Ekonomi Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof. Hamid Padu menyatakan bahwa investasi sangat berperan dalam penyerapan lapangan kerja. Data terbaru menunjukkan bahwa realisasi investasi di Sulawesi Selatan pada triwulan pertama 2024 sebesar Rp2,507 triliun, menurun […]

Read More
Berita Terkini

Investasi Persiapan Pensiun: Adakah Potensi Kripto bagi Generasi Muda?

Dunia investasi semakin berkembang pesat, khususnya di kalangan generasi milenial dan generasi Z di Indonesia. Mereka yang berusia antara 18 hingga 35 tahun kini semakin gencar mengeksplorasi peluang investasi baru, termasuk di antaranya adalah aset kripto. Namun, seberapa tepatkah kripto sebagai bagian dari investasi persiapan pensiun? CEO Indodax, Oscar Darmawan salah satu platform perdagangan kripto […]

Read More
Berita Terkini

Investasi Anhui Guangxin Di Kalimantan Timur: Langkah Strategis Pj Gubernur Akmal Malik

Pj Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik secara virtual menghadiri rapat melalui zoom meeting dengan PT Anhui Guangxin Agrichemical dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Shanghai pada Senin (1/07/24). Pertemuan ini merupakan lanjutan dari kunjungan Akmal Malik ke Anhui beberapa waktu lalu, bertujuan untuk menggarisbawahi kerja sama Sister-Province investasi di Kalimantan Timur antara Provinsi Kaltim dan […]

Read More