Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor: Jadwal dan Program Terlengkap di Indonesia

Pemutihan pajak kendaraan bermotor kembali digelar oleh sejumlah pemerintah daerah di Indonesia. Program ini memberikan kesempatan kepada para pemilik kendaraan bermotor untuk membayar kewajiban pajak yang tertunda tanpa dikenakan denda. Setiap daerah memiliki program pemutihan yang berbeda-beda, seperti pembebasan denda pajak kendaraan bermotor, pembebasan bea balik nama kendaraan bekas (BBNKB-II), dan pembebasan pajak progresif.

Berikut adalah jadwal pemutihan pajak kendaraan di beberapa wilayah di Indonesia:

  1. DKI Jakarta: Program pemutihan denda pajak kendaraan dilaksanakan dalam rangka perayaan ulang tahun ke-496 Kota Jakarta. Pemutihan ini mencakup penghapusan sanksi administrasi secara jabatan, penghapusan bunga atau denda tanpa permohonan wajib pajak, dan penghapusan sanksi administrasi bagi wajib pajak yang melakukan pembayaran pokok pajak. Pemutihan ini berlaku hingga 29 Desember 2023.
  2. Jawa Tengah: Saat ini, Jawa Tengah memberlakukan pemutihan bebas Bea Balik Nama Kedua (BBNKB-II) dan bebas pajak progresif. Program pemutihan denda pajak kendaraan di Jawa Tengah telah berakhir pada 21 Juni 2023.
  3. Lampung: Program pemutihan di Lampung berlaku hingga September 2023 dan mencakup pembebasan BBNKB-II, denda pajak, serta diskon pokok tunjangan pajak kendaraan bermotor sebesar 50% hingga 70%.
  4. Sumatra Selatan: Pemilik kendaraan di Sumatra Selatan dapat mengikuti program pemutihan yang meliputi pembebasan denda dan bunga pajak, pengurangan BBNKB-II sebesar 50%, dan pembebasan denda SWDKLLJ tahun lewat.
  5. Sumatra Utara: Provinsi Sumatra Utara memberlakukan pemutihan pajak kendaraan bermotor mulai 29 Mei hingga 30 September 2023. Program ini mencakup pembebasan denda PKB, bea balik nama kendaraan bermotor tahun ke-II, pajak progresif, pokok tunggakan PKB tahun ke-III, dan denda SWDKLLJ untuk tahun lewat.
  6. Kalimantan Timur: Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memberlakukan pembebasan dan pengurangan pajak kendaraan melalui program pemutihan. Program ini berlangsung mulai 5 Juni hingga 29 Juli 2023, dan mencakup diskon denda pajak kendaraan, pembebasan BBNKB-II, serta berbagai diskon tergantung lamanya tunggakan PKB.
  7. Kalimantan Tengah: Program pemutihan denda pajak kendaraan di Kalimantan Tengah berlaku mulai 17 Mei hingga 31 Agustus 2023. Program ini mencakup diskon denda pajak kendaraan, pembebasan BBNKB-II, dan bebas tarif progresif untuk kendaraan roda empat.
  8. Sulawesi Tenggara: Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara memberlakukan pemutihan denda pajak kendaraan mulai 22 Mei hingga 31 Juli 2023. Program ini mencakup keringanan dan pembebasan pajak kendaraan bermotor, sanksi administrasi, serta bea balik nama kendaraan bermotor kepemilikan kedua dan seterusnya.
  9. Papua: Bappenda Provinsi Papua menggelar program pembebasan denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) mulai Juni hingga 12 Juli 2023. Program ini berlaku untuk sepeda motor dan mobil, serta membebaskan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Kedua (BBN-KB II).

Itulah jadwal pemutihan pajak kendaraan di beberapa wilayah Indonesia pada tahun 2023. Dengan adanya program ini, diharapkan para pemilik kendaraan dapat memenuhi kewajiban pajak mereka tanpa beban denda yang berlebihan. Pastikan untuk memeriksa jadwal dan ketentuan yang berlaku di daerah masing-masing sebelum mengikuti program pemutihan.

Berita Terkini

Magnet Investasi di Indramayu: Realisasi Triliunan Rupiah dengan Potensi Luar Biasa

Investasi di Indramayu pesisir Jawa Barat telah menjadi daya tarik bagi para investor yang ingin menanamkan modalnya. Dalam tiga tahun terakhir, nilai investasi yang mengalir ke Kabupaten Indramayu mencapai angka yang mengesankan, mencapai Rp4,8 triliun. Dengan jumlah investasi sebesar itu, tak kurang dari 2.870 orang tenaga kerja dapat terserap. Menurut data yang dihimpun dari Dinas […]

Read More
Berita Terkini

Investasi Meningkat 34,5% Setiap Tahun dalam Industri Mesin dan Elektronik Indonesia

Sektor industri mesin dan elektronik di Indonesia semakin menunjukkan tren peningkatan investasi baik dari Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), investasi di sektor industri mesin dan elektronik Indonesia rata-rata meningkat sebesar 34,5% setiap tahunnya dalam kurun waktu lima tahun terakhir, […]

Read More
Berita Terkini

Prestasi Gemilang: JLL Dinobatkan sebagai Penasihat Investasi Properti Terbaik di Indonesia

Prestasi gemilang kembali diraih oleh JLL, perusahaan jasa profesional ternama dalam manajemen real estat dan investasi. Mengukuhkan posisinya sebagai yang terdepan dalam arena penasihat investasi properti komersial di Indonesia, JLL dinobatkan sebagai yang teratas untuk tahun 2023 oleh MSCI Real Assets, otoritas independen dalam analisis transaksi real estat global. Menurut laporan yang dirilis oleh MSCI […]

Read More