Investasi di Tapin Terus Meningkat: Rp736 Miliar di 9 Bulan Pertama 2023

Nilai investasi di Tapin tengah menjadi sorotan berbagai media karena pencapainnya yang luar biasa. Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan mencatat pencapaian luar biasa dalam dunia investasi pada triwulan III 2023, dengan realisasi mencapai Rp736 miliar. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tapin, Fauziah, mengungkapkan prestasi ini sebagai bagian dari upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan investasi di daerah.

Fauziah menyampaikan bahwa realisasi investasi tersebut terdiri dari 207 proyek Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan 10 proyek Penanaman Modal Asing (PMA), dengan masing-masing menyumbang Rp675,42 miliar dan Rp61,5 miliar. Meskipun belum mencapai target tahunan sebesar Rp842,92 miliar, namun realisasi hingga triwulan III menunjukkan tren positif dalam pertumbuhan investasi di Tapin.

Secara keseluruhan, sektor pertambangan dan perkebunan mendominasi aliran investasi di Tapin. Fauziah menekankan bahwa sektor-sektor ini menjadi magnet utama bagi investor, mencerminkan potensi besar yang dimiliki oleh Kabupaten Tapin dalam sektor ekstraktif dan agribisnis.

Melihat tren investasi dalam 10 tahun terakhir, Tapin terus mencatat peningkatan yang signifikan. Dari data DPMPTSP Kalimantan Selatan, pada 2022 investasi mencapai Rp779 miliar, 2021 (Rp912 miliar), 2020 (Rp169 miliar), 2019 (Rp2 triliun), 2018 (Rp347 miliar), 2017 (Rp131 miliar), 2016 (Rp162 miliar), 2015 (Rp1,46 triliun), 2014 (Rp493 miliar), dan 2013 (Rp577 miliar).

Meskipun Tapin menduduki urutan ketiga untuk kategori PMDN dengan nilai Rp675 miliar, Fauziah menyatakan optimisme terkait pertumbuhan ini. Meskipun terdapat perbedaan yang cukup jauh dengan daerah urutan pertama, Kabupaten Tanah Bumbu, namun prestasi ini menandakan daya tarik dan potensi investasi yang semakin berkembang di Kabupaten Tapin.

Demikian informasi seputar investasi di Tapin. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Scopecorner.com.

Berita Terkini

Lonjakan Signifikan dalam Sektor Industri Pengolahan Nonmigas: Investasi di Nagan Raya

Investasi di Nagan Raya, sebuah kabupaten di Provinsi Aceh, menorehkan pencapaian gemilang dalam sektor industri pengolahan nonmigas. Data terbaru mengungkapkan bahwa nilai investasi di sektor tersebut melonjak tajam, mencapai Rp565,25 triliun pada tahun 2023. Angka yang fantastis ini menunjukkan bahwa Nagan Raya tetap menjadi magnet bagi investor global yang berminat memperluas usaha di sektor industri. […]

Read More
Berita Terkini

Investasi di Kota Batam Meningkat Tajam: Dampak Positif Pembangunan Infrastruktur?

Investasi di Kota Batam sebagai salah satu pusat utama di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang pesat dalam sektor investasi selama tahun 2023. Menurut catatan resmi Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, realisasi investasi di Kota Batam pada tahun tersebut mencapai Rp15,6 triliun. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar Rp2,38 triliun atau 18 persen dibandingkan […]

Read More
Berita Terkini

Smesco Indonesia Upayakan Investor Singapura Masuk Investasi di UMKM Indonesia

Smesco Indonesia merupakan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM), berencana menarik investor dari Singapura untuk berinvestasi di UMKM Indonesia. Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata mengumumkan bahwa kedatangan para investor ini dijadwalkan pada pertengahan tahun ini. Pada tahun 2023, Leonard telah melakukan pertemuan dengan sejumlah investor, yang merupakan pengelola aset dan modal […]

Read More