Pertamina: Strategi Sukses Tingkatkan Produksi Migas di Blok Rokan dan Mahakam

PT Pertamina (Persero) terus menorehkan prestasi dalam pengelolaan dua blok migas terbesar di Indonesia, Blok Rokan di Riau dan Blok Mahakam di Kalimantan Timur. Melalui langkah-langkah strategis dan penerapan teknologi terkini, Pertamina berhasil meningkatkan produksi migas, yang pada gilirannya memperkuat peranannya dalam penyediaan energi bagi Indonesia.

Wakil Presiden Komunikasi Korporat PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menyampaikan bahwa sejak Pertamina mengambil alih pengelolaan Blok Mahakam dan Rokan, terjadi peningkatan signifikan dalam produksi migas. Hal ini menggambarkan kinerja operasional sektor hulu perusahaan yang semakin solid.

“Blok Mahakam dan Rokan merupakan ladang migas yang sudah mature,” ungkap Fadjar dalam pernyataan resmi.

Pertamina menerapkan berbagai inovasi dan teknologi tepat guna untuk menahan penurunan produksi alami dan meningkatkan produksi migas secara berkelanjutan. Langkah ini menjadi kunci dalam mendukung upaya pemenuhan kebutuhan energi nasional.

Selain melakukan investasi dalam pengeboran sumur-sumur baru, Pertamina juga menitikberatkan pada praktik-praktik terbaik, inovasi, dan teknologi untuk meningkatkan efisiensi operasional. Sebagai contoh, di Blok Mahakam, pada tahun 2019, produksi minyak mencapai 32,1 ribu barel per hari dan gas sebesar 640 juta standar kaki kubik per hari, menjadikannya salah satu penyumbang gas terbesar di Indonesia.

Sementara di Blok Rokan, Pertamina berhasil meningkatkan produksi migas menjadi 161 ribu barel minyak per hari melalui program pengeboran yang terintegrasi. Pada tahun 2023, Blok Rokan mencatatkan lifting migas sebesar 59 juta barel, menandai peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya.

Pertamina juga terus melakukan pengeboran baru untuk menambah cadangan migas nasional. Di Blok Rokan saja, sebanyak 570 sumur akan ditajak untuk meningkatkan produksi minyak. Prestasi ini membuktikan komitmen Pertamina dalam mendukung ketahanan energi Indonesia melalui optimalisasi produksi migas di lapangan-lapangan migas terbesar di tanah air.

Demikian informasi seputar perkembangan produksi migas di Indonesia. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Scopecorner.Com.

Berita Terkini

Kaltim Tawarkan Potensi Investasi Kelautan kepada Pengusaha China: Fokus Udang Windu dan Rumput Laut

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) membuka peluang investasi kelautan bagi pengusaha China, khususnya potensi udang Windu dan rumput laut. Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik, menjelaskan bahwa kerja sama dilakukan melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dengan dukungan penuh dari pemerintah daerah untuk memfasilitasi dan mengawal investasi tersebut. “Posisi strategis Kaltim sebagai Ibu Kota Negara baru […]

Read More
Berita Terkini

Target Investasi 2025 Bakal Andalkan Sektor Parekraf sebagai Motor Penggerak Ekonomi 2025

Pemerintah Indonesia tengah mempersiapkan langkah ambisius dengan menargetkan investasi jumbo pada tahun 2025. Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menyatakan bahwa target investasi tersebut sudah dimuat dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025. Salah satu sektor yang diharapkan berkontribusi besar adalah sektor Investasi Parekraf (Pariwisata dan Ekonomi Kreatif). Dalam rapat kerja dengan Komisi […]

Read More
Berita Terkini

Investasi di IKN Terhambat Status Lahan, Pemerintah Ambil Langkah Kebijakan Ini!

Upaya untuk menarik lebih banyak investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dilakukan oleh pemerintah, seiring dengan janji untuk memperjelas status lahan di wilayah tersebut. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa kepastian status tanah di IKN menjadi fokus utama dalam memperlancar aliran modal dan investasi di IKN. Pada […]

Read More