Smesco Indonesia Upayakan Investor Singapura Masuk Investasi di UMKM Indonesia

Smesco Indonesia merupakan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM), berencana menarik investor dari Singapura untuk berinvestasi di UMKM Indonesia. Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata mengumumkan bahwa kedatangan para investor ini dijadwalkan pada pertengahan tahun ini.

Pada tahun 2023, Leonard telah melakukan pertemuan dengan sejumlah investor, yang merupakan pengelola aset dan modal ventura dengan nilai investasi berkisar antara US$20 juta hingga US$100 juta. Leonard menyatakan bahwa potensi nilai investasi di UMKM Indonesia bervariasi, mulai dari US$20 juta hingga US$100 juta, dengan beberapa dana sedang dalam proses pembangunan.

“Pada dasarnya, kita tidak membicarakan nilai secara spesifik, tapi yang pasti ada beberapa dana yang sedang dibangun, dengan jumlah investasi beragam, seperti US$100 juta, US$50 juta, dan US$20 juta,” ungkap Leonard di Kementerian Koperasi dan UKM pada Kamis (25/1/2024).

Leonard menekankan bahwa kunci untuk meyakinkan investor adalah dengan membangun narasi investasi di UMKM Indonesia sebagai negara produsen. Dalam hal ini, dia memiliki tujuan untuk meningkatkan produksi dalam sektor ekonomi hijau dan ekonomi biru.

Menurut Leonard, investor asing melihat Indonesia sebagai potensi pertumbuhan ekonomi di Asia Tenggara. Ia juga menyebut bahwa beberapa investor menunjukkan minat setelah melihat kesuksesan eFisheries, merek yang dimiliki oleh PT Multidaya Teknologi Nusantara, sebuah perusahaan asal Kota Bandung, Indonesia. Oleh karena itu, Leonard optimis bahwa investor asing akan tertarik pada beberapa perusahaan di Indonesia.

“Para investor mengenali potensi luar biasa Indonesia jika dikelola dengan baik. Indonesia dianggap sebagai produsen, dan investasi seharusnya berfokus di sini. Saya percaya kita mampu memproduksi produk makanan dan minuman. Mengapa tidak? Kami mendorong untuk memiliki lebih banyak produk makanan dan minuman unggul dari Indonesia,” tambahnya.

Demikian informasi seputar pertumbuhan investasi di UMKM Indonesia. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Scopecorner.Com.

Berita Terkini

Lonjakan Signifikan dalam Sektor Industri Pengolahan Nonmigas: Investasi di Nagan Raya

Investasi di Nagan Raya, sebuah kabupaten di Provinsi Aceh, menorehkan pencapaian gemilang dalam sektor industri pengolahan nonmigas. Data terbaru mengungkapkan bahwa nilai investasi di sektor tersebut melonjak tajam, mencapai Rp565,25 triliun pada tahun 2023. Angka yang fantastis ini menunjukkan bahwa Nagan Raya tetap menjadi magnet bagi investor global yang berminat memperluas usaha di sektor industri. […]

Read More
Berita Terkini

Investasi di Kota Batam Meningkat Tajam: Dampak Positif Pembangunan Infrastruktur?

Investasi di Kota Batam sebagai salah satu pusat utama di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang pesat dalam sektor investasi selama tahun 2023. Menurut catatan resmi Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, realisasi investasi di Kota Batam pada tahun tersebut mencapai Rp15,6 triliun. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar Rp2,38 triliun atau 18 persen dibandingkan […]

Read More
Berita Terkini

Kabar Baik: Investor Tertarik Berinvestasi di IKN Nusantara Baru Setelah Kunjungan Sandiaga Uno ke Dubai

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno membawa kabar baik bagi Indonesia untuk perkembangan investasi di IKN Nusantara setelah kembali dari kunjungan kerja ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Menurut Sandiaga, sejumlah investor menunjukkan minat untuk berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) baru. Kabar ini diumumkan dalam acara The Weekly Brief with Sandi Uno pada […]

Read More