Investasi di Kota Batam Meningkat Tajam: Dampak Positif Pembangunan Infrastruktur?

Investasi di Kota Batam sebagai salah satu pusat utama di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang pesat dalam sektor investasi selama tahun 2023. Menurut catatan resmi Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, realisasi investasi di Kota Batam pada tahun tersebut mencapai Rp15,6 triliun. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar Rp2,38 triliun atau 18 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dari total investasi tersebut, sebagian besar berasal dari Penanaman Modal Asing (PMA) yang mencapai Rp8,8 triliun, sedangkan investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp6,8 triliun. Perbandingan dengan tahun 2022 menunjukkan peningkatan yang signifikan, di mana pada tahun tersebut total investasi mencapai Rp13,2 triliun, dengan PMA sebesar Rp10,7 triliun dan PMDN sebesar Rp2,5 triliun.

Muhammad Rudi, Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Wali Kota Batam, menyatakan bahwa Kota Batam telah menjadi sorotan baik di tingkat nasional maupun internasional. Hal ini terutama terkait dengan perkembangan infrastruktur yang pesat selama tujuh tahun terakhir. Pembangunan infrastruktur ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi para investor yang tertarik untuk berinvestasi di Kota Batam.

Rudi menegaskan komitmennya untuk terus mendukung para investor di Kota Batam. Melalui penerbitan izin yang mudah melalui sistem OSS (Online Single Submission), pembangunan Bandara Internasional Hang Nadim, perluasan infrastruktur jalan, hingga pembangunan Pelabuhan Batu Ampar sebagai bagian dari upaya menjadikan investasi di Kota Batam yang berfokus pada pusat logistik yang berkembang.

“Saya akan menjamin bahwa para investor akan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Kota Batam. Jika ada kendala dalam kegiatan bisnis di Kota Batam, silakan sampaikan kepada saya. Saya akan berusaha untuk mengatasi masalah tersebut agar bisnis dapat berjalan dengan lancar,” ujar Rudi.

Dengan komitmen kuat dari pemerintah setempat dan pertumbuhan investasi yang stabil, Kota Batam terus menarik minat para investor baik dari dalam maupun luar negeri. Pembangunan infrastruktur yang terus menerus dan lingkungan bisnis yang kondusif menjadikan Kota Batam sebagai destinasi investasi yang menjanjikan di Indonesia.

Demikian informasi seputar perkembangan investasi di Kota Batam. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Scopecorner.Com.

Berita Terkini

Investasi di Sulawesi Selatan: Ini Data Terbaru dan Implikasinya pada Pengangguran

Realisasi investasi di Sulawesi Selatan (Sulsel) pada triwulan pertama 2024 mengalami penurunan signifikan, yang berpotensi mempengaruhi tingkat pengangguran di wilayah tersebut. Pakar Ekonomi Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof. Hamid Padu menyatakan bahwa investasi sangat berperan dalam penyerapan lapangan kerja. Data terbaru menunjukkan bahwa realisasi investasi di Sulawesi Selatan pada triwulan pertama 2024 sebesar Rp2,507 triliun, menurun […]

Read More
Berita Terkini

Investasi Persiapan Pensiun: Adakah Potensi Kripto bagi Generasi Muda?

Dunia investasi semakin berkembang pesat, khususnya di kalangan generasi milenial dan generasi Z di Indonesia. Mereka yang berusia antara 18 hingga 35 tahun kini semakin gencar mengeksplorasi peluang investasi baru, termasuk di antaranya adalah aset kripto. Namun, seberapa tepatkah kripto sebagai bagian dari investasi persiapan pensiun? CEO Indodax, Oscar Darmawan salah satu platform perdagangan kripto […]

Read More
Berita Terkini

Investasi Anhui Guangxin Di Kalimantan Timur: Langkah Strategis Pj Gubernur Akmal Malik

Pj Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik secara virtual menghadiri rapat melalui zoom meeting dengan PT Anhui Guangxin Agrichemical dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Shanghai pada Senin (1/07/24). Pertemuan ini merupakan lanjutan dari kunjungan Akmal Malik ke Anhui beberapa waktu lalu, bertujuan untuk menggarisbawahi kerja sama Sister-Province investasi di Kalimantan Timur antara Provinsi Kaltim dan […]

Read More