Hasil Survei: Marketplace Tokopedia Dilabeli Platform E-Commerce Paling Aman dan Terpercaya

Hasil survei yang dilakukan Kadence International bertajuk “The Most Trusted E-commerce” menunjukkan bahwa mayoritas responden menyebut marketplace Tokopedia sebagai platform e-commerce yang paling aman dan dapat dipercaya.

“Sebanyak 85 persen responden sebut paling aman, dan dapat dipercaya oleh 86 persen responden serta paling memuaskan dari sisi produk serta layanan pengiriman oleh 86 persen responden,” ujar Associate Research Director di Kadence International, Adhistya Febriani pada Kamis, 8 Desember4.

Secara keseluruhan, marketplace Tokopedia merupakan platform e-commerce dengan indeks kepuasan pengguna tertinggi 89,68, diikuti oleh Shopee 87,77 dan Lazada 81,61. Adhistya menjelaskan, survei dilakukan secara online dan melibatkan 1.200 pengguna platform e-commerce di sejumlah kota besar di Tanah Air seperti Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan. Survei ini menggali lebih dalam aspek-aspek yang mendorong kepuasan dan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap platform e-commerce yang unggul dalam setiap aspek.

3 Faktor utama Para Pengguna, Marketplace Tokopedia Jadi Lebih Menarik

Kadence International merupakan lembaga riset terkemuka dengan reputasi global, menemukan bahwa terdapat tiga faktor utama yang dicari pengguna platform e-commerce di Indonesia, yaitu faktor keamanan, kualitas dan keaslian produk, serta pengiriman. Ketiga faktor tersebut menentukan seberapa puas pengguna terhadap platform e-commerce yang digunakan.

“Maka dari itu faktor-faktor seperti jaminan kualitas barang, kemudahan proses pembayaran dan pengiriman, hingga keamanan dalam bertransaksi juga menjadi unsur esensial yang dipertimbangkan oleh pengguna,” tutur Adhistya.

Hasil survei Kadence International juga menunjukkan bahwa marketplace Tokopedia merupakan yang paling unggul dalam hal kualitas barang 85 persen, keandalan layanan pengiriman 85 persen serta dalam menjaga data pribadi pengguna 84 persen.

Kadence Internasional juga melihat bahwa penting bagi para platform e-commerce untuk mengalihkan strategi dari hanya mengandalkan kompetisi promo ke taktik penguatan brand positioning dari sisi keamanan, kualitas, dan pengalaman pengguna.

Para pengguna platform e-commerce, kata Adhistya, sudah semakin jeli dalam memilih layanan yang digunakannya. “Pada akhirnya, platform e-commerce yang dapat memberikan pengalaman berbelanja yang aman dan berkualitas secara menyeluruh yang akan memenangkan hati pengguna dan kompetisi pasar,” ucapnya.

Jika dilihat dari sisi pembayaran, responden melihat Tokopedia dan Shopee sebagai dua platform e-commerce teratas dalam hal kemudahan pembayaran dan variasi metode, di mana 88 persen responden memilih marketplace Tokopedia, dan 82 persen memilih Shopee. Sementara, Blibli berada pada posisi ketiga pada aspek ini 62 persen diikuti oleh Lazada 60 persen.

Jumlah ulasan produk juga menjadi salah satu pertimbangan pengguna, di mana Tokopedia dan Shopee kembali unggul, dengan 86 persen responden memilih Shopee sebagai platform e-commerce yang paling banyak memiliki ulasan pembeli, diikuti dengan 76 persen responden yang memilih Tokopedia dan 52 persen memilih Lazada.

Di sisi lain, banyaknya promo yang ditawarkan menempati posisi kelima dalam pertimbangan pengguna dalam memilih platform e-commerce, setelah UI/UX. Shopee unggul dalam aspek ini, dengan 81 persen responden memilihnya sebagai platform e-commerce yang menawarkan promosi paling menarik.

Dengan semakin ketatnya kompetisi di industri e-commerce, promo menjadi salah satu taktik yang seringkali digunakan untuk menarik pengguna. Namun demikian, survei Kadence International menilai bahwa taktik ini tidak berdampak besar dalam menghasilkan kepuasan dan loyalitas pengguna pada platform e-commerce. Kepuasan pengalaman pengguna menciptakan efek jangka panjang yang berujung pada tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dan pelanggan yang lebih setia. Apakah kamu setuju dengan marketplace Tokopedia jadi yang paling aman dan terpercaya?

Berita Terkini

Buntut Penjualannya Turun: Harga iPhone 14 Pro dan Pro Max di China Terbanting Diskon

Pasar smartphone di China memasuki masa suram terbukti dari harga model terbaru iPhone 14 Pro dari Apple yang mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya permintaan akan handphone cerdas yang dikeluarkan oleh Apple. Pengecer resmi Apple, JD.com dan Suning menawarkan iPhone 14 Pro dengan diskon sebesar 800 yuan, menjualnya seharga 7.199 yuan atau sekitar Rp15,8 […]

Read More
Berita Terkini

Musim Panen Raya: Bulog Targetkan 70% Cadangan Beras Pemerintah Terpenuhi

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) memastikan bahwa pemenuhan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tahun ini sebanyak 2,4 juta ton akan dioptimalkan dengan mengutamakan penyerapan produksi dalam negeri. Musim panen raya pada Maret akan menjadi saat yang tepat untuk mencapai 70% dari target CBP tahun ini, sisanya diharapkan dapat dipenuhi saat panen gadu. Petani akan […]

Read More
Berita Terkini

19 Tahun Mandek, RUU PPRT Akan Menjadi Prioritas Legislasi Nasional 2023

Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) akan membawa perubahan besar bagi para pekerja rumah tangga (PRT) di Indonesia. Kementerian Ketenagakerjaan menyatakan bahwa RUU PPRT akan mengatur hak-hak mendasar yang harus diperoleh PRT, mulai dari kepastian upah, jaminan sosial, hingga hak cuti. Menurut Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan, Haiyani Rumondang, selama […]

Read More