Asyik! Program Kartu Prakerja 2023: Insentif Naik, Pelaithan Bakal Diperketat dan Lebih Efektif

Program Kartu Prakerja berlanjut di 2023 dengan besaran total insentif yang diterima peserta mengalami kenaikan dari Rp3,55 juta menjadi Rp4,2 juta per individu. Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan pendaftaran Kartu Prakerja akan dibuka pada kuartal I atau antara Januari-Maret 2023. Info selanjutnya akan diumumkan kemudian.

“Sesuai arahan Pak Menko (Perekonomian Airlangga Hartarto), pendaftaran Kartu Prakerja kuartal I-2023,” kata Denni pada Rabu, 4 Januari.

Program Kartu Prakerja akan difokuskan pada skema normal dengan peningkatan keahlian dan produktivitas angkatan kerja. Dampaknya, insentif yang bisa dicairkan peserta turun namun saat bersamaan biaya untuk pelatihan lebih besar.

Pemerintah memberikan insentif sebesar Rp4,2 juta per individu bagi peserta Kartu Prakerja 2023. Rinciannya biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pasca pelatihan Rp600 ribu yang diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Di tahun sebelumnya, peserta yang mengikuti program Kartu Prakerja mendapat insentif dengan total Rp3,55 juta per orang. Dari angka tersebut peserta mendapat biaya pelatihan Rp1 juta, insentif setelah pelatihan Rp600 ribu per bulan yang diberikan sebanyak 4 kali (Rp2,4 juta), dan insentif survei Rp150 ribu.

Denni menyebut di kuartal I-2023 pembukaan pelatihan offline program Kartu Prakerja dan online akan dilakukan bersamaan. “Pembukaan pelatihan offline maupun online akan dilakukan bersamaan jadwalnya. Untuk lokasinya, tunggu info selanjutnya,” tuturnya.

Berita Terkini

Buntut Penjualannya Turun: Harga iPhone 14 Pro dan Pro Max di China Terbanting Diskon

Pasar smartphone di China memasuki masa suram terbukti dari harga model terbaru iPhone 14 Pro dari Apple yang mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya permintaan akan handphone cerdas yang dikeluarkan oleh Apple. Pengecer resmi Apple, JD.com dan Suning menawarkan iPhone 14 Pro dengan diskon sebesar 800 yuan, menjualnya seharga 7.199 yuan atau sekitar Rp15,8 […]

Read More
Berita Terkini

Musim Panen Raya: Bulog Targetkan 70% Cadangan Beras Pemerintah Terpenuhi

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) memastikan bahwa pemenuhan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tahun ini sebanyak 2,4 juta ton akan dioptimalkan dengan mengutamakan penyerapan produksi dalam negeri. Musim panen raya pada Maret akan menjadi saat yang tepat untuk mencapai 70% dari target CBP tahun ini, sisanya diharapkan dapat dipenuhi saat panen gadu. Petani akan […]

Read More
Berita Terkini

19 Tahun Mandek, RUU PPRT Akan Menjadi Prioritas Legislasi Nasional 2023

Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) akan membawa perubahan besar bagi para pekerja rumah tangga (PRT) di Indonesia. Kementerian Ketenagakerjaan menyatakan bahwa RUU PPRT akan mengatur hak-hak mendasar yang harus diperoleh PRT, mulai dari kepastian upah, jaminan sosial, hingga hak cuti. Menurut Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan, Haiyani Rumondang, selama […]

Read More