Asyik! Program Kartu Prakerja 2023: Insentif Naik, Pelaithan Bakal Diperketat dan Lebih Efektif

Program Kartu Prakerja berlanjut di 2023 dengan besaran total insentif yang diterima peserta mengalami kenaikan dari Rp3,55 juta menjadi Rp4,2 juta per individu. Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan pendaftaran Kartu Prakerja akan dibuka pada kuartal I atau antara Januari-Maret 2023. Info selanjutnya akan diumumkan kemudian.

“Sesuai arahan Pak Menko (Perekonomian Airlangga Hartarto), pendaftaran Kartu Prakerja kuartal I-2023,” kata Denni pada Rabu, 4 Januari.

Program Kartu Prakerja akan difokuskan pada skema normal dengan peningkatan keahlian dan produktivitas angkatan kerja. Dampaknya, insentif yang bisa dicairkan peserta turun namun saat bersamaan biaya untuk pelatihan lebih besar.

Pemerintah memberikan insentif sebesar Rp4,2 juta per individu bagi peserta Kartu Prakerja 2023. Rinciannya biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif pasca pelatihan Rp600 ribu yang diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Di tahun sebelumnya, peserta yang mengikuti program Kartu Prakerja mendapat insentif dengan total Rp3,55 juta per orang. Dari angka tersebut peserta mendapat biaya pelatihan Rp1 juta, insentif setelah pelatihan Rp600 ribu per bulan yang diberikan sebanyak 4 kali (Rp2,4 juta), dan insentif survei Rp150 ribu.

Denni menyebut di kuartal I-2023 pembukaan pelatihan offline program Kartu Prakerja dan online akan dilakukan bersamaan. “Pembukaan pelatihan offline maupun online akan dilakukan bersamaan jadwalnya. Untuk lokasinya, tunggu info selanjutnya,” tuturnya.

Berita Terkini

Magnet Investasi di Indramayu: Realisasi Triliunan Rupiah dengan Potensi Luar Biasa

Investasi di Indramayu pesisir Jawa Barat telah menjadi daya tarik bagi para investor yang ingin menanamkan modalnya. Dalam tiga tahun terakhir, nilai investasi yang mengalir ke Kabupaten Indramayu mencapai angka yang mengesankan, mencapai Rp4,8 triliun. Dengan jumlah investasi sebesar itu, tak kurang dari 2.870 orang tenaga kerja dapat terserap. Menurut data yang dihimpun dari Dinas […]

Read More
Berita Terkini

Investasi Meningkat 34,5% Setiap Tahun dalam Industri Mesin dan Elektronik Indonesia

Sektor industri mesin dan elektronik di Indonesia semakin menunjukkan tren peningkatan investasi baik dari Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), investasi di sektor industri mesin dan elektronik Indonesia rata-rata meningkat sebesar 34,5% setiap tahunnya dalam kurun waktu lima tahun terakhir, […]

Read More
Berita Terkini

Prestasi Gemilang: JLL Dinobatkan sebagai Penasihat Investasi Properti Terbaik di Indonesia

Prestasi gemilang kembali diraih oleh JLL, perusahaan jasa profesional ternama dalam manajemen real estat dan investasi. Mengukuhkan posisinya sebagai yang terdepan dalam arena penasihat investasi properti komersial di Indonesia, JLL dinobatkan sebagai yang teratas untuk tahun 2023 oleh MSCI Real Assets, otoritas independen dalam analisis transaksi real estat global. Menurut laporan yang dirilis oleh MSCI […]

Read More