Ingat Pantai Semeti, Ingat Juga Dengan Tanah Kelahiran Superman

Bagi kalian yang sudah tahu dengan  tokoh Superman, yang mempunyai tenaga super dan berasal dari Planet Krypton, pasti kalian akan merasa seperti masuk di dunia superhero ini. Dalam filmnya, Planet Krypton dijelaskan sebagai planet kristal. Nah, panorama itu bisa ditemui di Pantai Semeti yang ada di Lombok.

Mungkin tak sama persis, tetapi batu karang yang ada di Pantai Semeti memang Nampak seperti kristal di Planet Krypton. Bedanya yang ini ialah buatan alam dan bukan imajinasi.

Memang rasanya  tak cukup sehari untuk meng-explore Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat ini. Kota dengan julukan ‘Seribu Mesjid’ ini banyak menaruh estetika alam yang tersembunyi. Perjalanan dari Kota Mataram sampai ke Pantai Semeti memakan waktu 2,5 jam. Sepanjang perjalanan dari Mataram sampai Desa Mekar Sari, jalur nampak berliku-liku dan naik turun.

SONY DSC

Tetapi jalur yang beraspal dan mulus tidak membikin perjalanan menjadi terganggu. Sepanjang perjalanan menuju pantai, Kalian juga akan menemukan hamparan sawah yang  menawan serta perbukitan-perbukitan nan nampak gagah.

Apabila ke Pantai Semeti lebih baik naik motor saja. Meskipun jalur menuju pantai baik, tetapi jalan yang kurang lebar bisa menghalangi waktu kalian. Dan juga, jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman. Sebab di Pantai Semeti tak ada pedagang minuman dan makanan yang berjualan.

Papan pertanda jalan yang minim mengenai lokasi pantai membikin traveler mesti ekstra bertanya supaya tidak tersesat. Memasuki hingga di dekat pantai,  jalur beraspal berubah menjadi kerikil dan pasir.

Kalian lalu akan menemukan pos penjagaan pantai. Di pos, pengunjung akan dimintai uang tiket dan juga  dianjurkan kalian tanya ke arah mana jalan menuju Pantai Semeti. Mengingat jalannya yang melalui persawahan dan juga gubuk-gubuk milik petani.

Tiba di Pantai Semeti, sebuah estetika akan  nampak.  Meskipun  terik mentari membikin cuaca menjadi panas, tetapi terbayarkan dengan estetika pantai yang mengagumkan.

Pantainya benar-benar sepi. Fakta lainnya, di Pantai Semeti terdapat banyak sekali batu karang. Apabila mau memandang dasar laut di Pantai Semeti, traveler dapat naik ke sebagian batu karang yang tersedia. Namun hati-hati, tiadanya pengaman dapat menyebabkan Kalian terjatuh apabila tidak hati-hati.

Dari Pantai Semeti, Kalian juga dapat memandang bukit-bukit indah. Pantai ini benar-benar layak sekali bagi pengunjung yang berkeinginan bermeditasi dan menyendiri. Benar-benar sepi dan seperti belum terjamah manusia.

Terakhir, jangan lupa siapkan kamera untuk menjepret estetika alam di Pantai Semeti. Banyak titik-titik foto bagi Kalian yang hobi selfie. Berfoto di sisi pantai yang mirip di Planet Krypton ini.

Post Author: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *